Manfaat Belajar Beladiri

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga..!. Setiap cabang olahraga tentunya memiliki setiap manfaat baik untuk tubuh kita maupun bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya dalam olahraga beladiri terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, selain membuat tubuh kamu menjadi sehat dan bugar olahraga beladiri juga sangat bermanfaat sebagai perlindungan diri maupun orang disekitar kamu.

Dalam olahraga beladiri ini tentunya tidak instan untuk menguasi setiap teknik yang ada, kamu perlu berlatih dan belajar dengan rutin untuk dapat menguasai setiap teknik yang ada pada olahraga beladiri ini, tergantung beladiri apa yang akan kamu perdalam.

Kali ini kelaspjok akan membahas manfaat yang ada pada olahraga beladiri. Apasaja kah manfaat nya, simak ulasan materinya dibawah ini :

manfaat belajar beladiri


Pengertian Beladiri

Dalam buku Jago Beladiri (2020) oleh Muhamad Syahrial, olahraga bela diri adalah perpaduan aktivitas fisik dengan unsur seni, teknik membela diri, olahraga serta olah batin.

Menurut KBBI, bela diri adalah seni mempertahankan diri yang mengutamakan ketahanan dan kekuatan fisik, tersebar di seluruh dunia dengan teknik dan ciri khas masing-masing.

Ada beberapa jenis seni beladiri yang bisa kamu pelajari, tergantung seni beladiri yang mana yang kamu sukai karena setiap seni beladiri memiliki keunikan dan teknik yang berbeda. Berikut seni beladiri yang bisa kamu pelajari :

  • Pencak silat
  • Taekwondo
  • Karate
  • Kung fu
  • Judo
  • Aikido
  • Krav Maga
  • Jijutsu
  • Muay Thai
  • Brazilia Jiu

Manfaat Olahraga Beladiri

Setelah kamu mempelajari seni beladiri yang kamu sukai tentunya kamu akan mendapatkan manfaat-manfaat yang ada pada seni beladiri yang kamu pelajari, dengan berlatih secara rutin kamu akan mendapatkan manfaatnya dengan cepat. Apasaja manfaat yang ada pada olahraga beladiri ini, berikut ulasannya :

Baca Juga  Cabang Olahraga Atletik

Tubuh Semakin Bugar

Olahraga beladiri ini dapat memenuhi kebutuhan aktivitas fisik kamu, membakar kalori, menyehatkan jantung, meningkatkan stamina, serta memperkuat kekuatan otot dan tulang. Bila dilakukan dengan rutin dan tepat, olahraga beladiri ini akan membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar dan sehat.


Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga beladiri ini mengharuskan kamu untuk melakukan gerakan fisik sehingga detak jantung menjadi cepat. Hal ini dipercaya dapat menjaga ketahanan jantung.

Salah satu olahraga beladiri yang dapat meningkatkan kesehatan jantung adalah seni beladiri kung fu. Seni beladiri ini berasal dari Tiongkok kuno.

Seni beladiri ini mengharuskan kamu untuk melakukan tendangan dan pukulan dengan cepat sehingga detak jantung pun ikut terpacu lebih cepat.


Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Manfaat selanjutnya, dengan kamu melakukan olahraga beladiri ini dengan tekun dapat membantu kamu dalam meningkatkan fleksibilitas tubuh kamu. Karena aktivitas fisik ini memaksa tubuh untuk menggerakkan hampir seluruh bagian tubuhnya, misalnya tangan, kaki, siku, hingga lutut. Jika fleksibilitas tubuh terjaga, maka risiko cedera akan menurun.

Olahraga beladiri yang cocok untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh kamu adala olahraga beladiri seperti : mixed martial arts (MMA) dan muay thai, bisa Anda coba untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh.


Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Olahraga beladiri ini dapat dipercaya dapat menjaga kestabilan tekanan darah karena pada olahraga beladiri ini memerlukan latihan berintensitas tinggi.

Dalam gerakan repetitif yang terjadi selama melakukan olahraga beladiri menyerupai high intensity interval training (HIIT). Menurut sebuah studi, HIIT memang ampuh dalam menurunkan tekanan darah.


Meningkatkan Stamina

Pada saat tubuh kamu melakukan aktivitas fisik olahraga beladiri ini stamina kamu akan terlatih. Aktivitas seperti olahraga bela diri ini juga berdampak pada hampir setiap bagian tubuh sehingga dapat meningkatkan ketahanan serta stamina tubuh kamu.

Baca Juga  Cabang Olahraga

Mendukung Kesehatan Mental

Manfaat selanjutnya pada olahraga beladiri ini berdampak baik pada kesehatan mental kamu. Saat kamu mempelajari olahraga beladiri, rasa percaya diri pun menjadi semakin meningkat, perasaan stres bisa diredakan, kemampuan berkonsentrasi serta fokus kamu terus terasah.


Meningkatkan Gerakan Refleks Tubuh

Olahraga beladiri ini sangat menungjang untuk meningkatkan gerak refleks tubuh kamu. contohnya bisa kamu perhatikan gerakan para atlet beladiri. Gerakan yang mereka lakukan sangat cepat. Berbagai gerakan repetitif yang mereka pelajari selama latihan dipercaya dapat meningkatkan gerak refleks tubuh yang cepat.


Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat yang selanjutnya pada olahraga beladiri ini yang dapat kamu rasakan dapat memperbaiki postur tubuh. Pada saat postur tubuh yang baik sudah dicapai, tidak hanya kesehatan fisik saja yang diuntungkan, tapi juga rasa percaya diri yang akan kamu dapatkan.


Baiklah itu tadi ulasan dari materi “Manfaat Belajar Beladiri“. Semoga artikel ini dapat berguna untuk kamu dalam mengerjakan tugas-tugas, serta dapat berguna untuk kamu dalam membuat makalah olahraga tentang manfaat belajar beladiri. Terimakasih 🙂


Baca juga artikel ini :