Peraturan Permainan Sepak Bola

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga !.. berbagai kalangan menyukai permainan sepak bola, sebelum kamu bermain permainan sepak bola, selain teknik permainannya, kamu juga wajib memahami peraturan dalam permainan sepak bola, kali ini kita akan membahas materi tentang peraturan dalam permainan sepak bola, termasuk peraturan dalam melakukan selebrasi, yang akan kamu lakukan sebagai ungkapan kegembiraan setelah mencetak gol ke gawang lawan.

berikut pembahasaan mengenai peraturan yang ada dalam permainan sepak bola, selamat membaca…….


Peraturan dalam Permainan Sepak Bola

ukuran lapangan sepak bola

1. Ukuran lapangan sepak bola

100 – 110M : Ukuran panjang lapangan sepak bola
64 – 75M : Lebar lapangan sepak bola
18,35 x 5,5M : Luas pada daerah gawang sepak bola
9,15 Meter : Jari-jari lingkaran tengah
40,39 x 16,5M : Daerah pinalti
11 Meter : Jarak titik penalti dari garis gawang

2. Ukuran gawang sepak bola

2,44 Meter : Tinggi gawang sepak bola
7,32 Meter : Lebar gawang sepak bola

3. Bola

Bentuk bola : bulat
Bahan bola : kulit
396g – 453g : Berat bola
68 – 71CM : Diameter lingkaran


Peraturan memulai pertandingan sepak bola

Sebelum kamu memulai pertandingan sepak bola tersebut, seluruh pemain harus melakukan jabat tangan pada sesama pemain serta pemain lawannya dengan berbaris di arah sporter.

Kemudian wasit membawa uang logam, dan meminta setiap kapten tim untuk memilih sisi logam tersebut. Setelah itu wasit akan mengundi dengan cara melempar uang logam, sebagai tanda untuk memilih siapakah yang berada di bola awal atau memilih gawang.

Baca Juga  Materi Bola Basket

Jumlah pemain pada sepak bola

Dalam permainan sepak bola, ada 2 tim, yang masing-masing timnya beranggotakan 11 orang (salah satunya sebagai penjaga gawang). apabila pemain tim ada 7 atau 4 pemain terkena kartu merah maka terpaksa harus keluar dari lapangan, dan tim itu dianggap kalah.


Pemimpin Tim (Captain) sepak bola

Setiap tim wajib memiliki captain, tugas kapten, jika terjadi masalah dengan tim, maka nantinya kapten inilah yang akan berdiskusi dengan wasit, pemain lain tidak berhak berdiskusi dengan wasit.


Peraturan Memakai Aksesoris

aksesoris permainan sepak bola

Jersey

Dalam 1 pertandingan, kedua tim tidak diperbolehkan menggunakan jersey satu warna. Setiap tim diwajibkan untuk mempunyai identitas yang berbeda dan setiap tim juga diharuskan memiliki dua warna jersey.

Satu digunakan untuk pertandingan rumah, yang biasa disebut dengan “Home” dan 1 lagi digunakan untuk laga tandang, disebut dengan “Away”.

Kaos kaki

Di pertandingan resmi sepak bola, pemilihan warna kaos kaki harus sama. Kaos kaki ini bertujuan untuk melindungi pada tulang kering serta mencegah cidera.

Sarung Tangan

Sarung tangan ini hanya boleh dipakai oleh kiper (penjaga gawang), fungsinya untuk mempermudah sangpenjaga gawan dalam menangkap bola, serta melindungi tangannya dari tendangan bola keras.

Penutup kepala

Penutup kepala ini digunakan untuk pemain yang mengalami cidera.

Untuk aksesoris yang dilarang, seperti halnya anting, gelang, kalung, dan lain sebagainya, karna dapat beresiko mencederai tim lawan..


Wasit

wasit sepak bola
Wasit merupakan orang yang memegang penuh peranan dalam jalannya pertandingan, serta memberikan keputusan jika pemain telah melanggar peraturan. Wasit utama juga dibantu oleh 2 asisten wasit.


Asisten Wasit

Asisten wasit sering disebut dengan “linesman”. Yang bertugas untuk memberitahukan kepada wasit utama jika terjadi offside dengan menggunakan tanda berupa bendera serta bertugas mengawasi jika terjadi throw in dan juga tendangan sudut.

Baca Juga  Peraturan Permainan Bola Voli

Waktu Permainan Sepak Bola

permainan sepak bola
Waktu permainan sepak bola ini dilakukan selama 90 menit dan dibagi menjadi 2 babak, yang setiap babak memiliki waktu 45 menit. Dan waktu istirahat sekitar 15 menit.
Jika 90 menit telah habis dan pertandingan tersebut belum ada pemenang, maka akan dilakukan tambahan waktu atau “extra time” dengan lama durasi 2 x 15 menit. Dan apabila kedudukan masih saja sama, maka pertandingan tersebut akan dilakukan adu penalty.


Peraturan Kick Off

peraturan kick off

Kick off akan dilakukan oleh pemainan dalam permainan sepak bola, yang akan dilakukan saat:

Memulai pertandingan
Memulai babak kedua
Terjadinya gol
Memulai babak extra time


Peraturan Gol

peraturan gol
Saat melakukkan perhitungan gol, dilakukan saat bola masuk ke gawang dan melewati gatis gawang serta tak ada pemain yang terkenai offside, pelanggaran, ataupun hands ball. Dan semua keputusan ada pada wasit yang menentukan sah ataupun tidaknya gol tersebut.


Peraturan Offside dan Onside

peraturan offside dan onside

Offside ini bisa terjadi apabila pemain menerima operan dari rekan satu tim yang melewati pemain bertahan lawan. Asisten wasit yang dapat menentukan terjadinya offside ataupun onside dengan cara mengangkat bendera. Untuk peraturan onside itu sebaliknya.


Peraturan Bola Keluar (Out)

peraturan bola keluar

Apabila bola keluar dari sisi lapangan maka terjadi lemparan kedalam. Dan untuk bola yang keluar di samping gawang maka terjadi tendangan sudut. Apabila ada pemain yang cedera, wasit juga berhak untuk memerintahkan mengeluarkan bola.


Lemparan kedalam (Throw in)

lemparan ke dalam

Dilakukan saat bola keluar dari lapangan, dan tim yang dapat mengambil lemparan kedalam tersebut adalah tim yang tidak mengeluarkan bola dari lapangan.

Saat akan melakukan lemparan, pemain tak boleh terlalu lama membuang waktu dan tidak boleh mengangkat satu kaki.

Baca Juga  Soal PTS PJOK Kelas 12 Semester Ganjil

Tendangan Gawang

tendangan ke gawang

Dilakukan saat bola telah melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain lawan. yang melakukan tendangan kiper atau bisa juga rekan satu tim.


Tendangan Sudut (Corner kick)

Dilakukan saat bola telah keluar dan melewati garis gawang yang diakbiatkan pemain bek atau satu tim, tendangan tersebut dilakukan pemain lawan. Dan untuk letak tendangan gawang berada pada pojok kiri atau kanan lapangan.


Peraturan Pergantian Pemain

Peraturan dalam pergantian pemain sepak bola hanya dapat dilakukan maksimal 3-7 orang. Itu semua tergantung peraturan awal yang dibuat oleh penyelengara perlombaan.


Peraturan Pelanggaran

pelangaran dalam sepak bola
Pelanggaran ini dapat terjadi diakibatkan karena tackle keras, handsball, atau mendorong lawan, menarik, dan masih banyak lagi pelanggaran yang bisa disebabkan. Apabila parah, disini wasit akan mengeluarkan kartu, ada 2 macam kartu yakni kartu kuning dan kartu merah bila pelanggaran yang dilakukan fatal.

Apabila pemain mendapat kartu kuning, maka otomatis dia mendapat peringatan keras, dan jika dia mendapat kartu kuning satu lagi maka di akan di keluarkan dalam permainan. Dan apabila ada pemain yang mendapatkan kartu merah, maka dia otomatis akan langsung dikeluarkan dari pertandingan.


Peraturan Tendangan Bebas (Free kick)

tendangan bebas

Untuk tendangan bebas ini dilakukan pada tempat terjadinya pelanggaran, apabila terjadi tendangan bebas, disini ada 2 pilihan yang biasa dilakukan yaitu kita bisa menendang langsung ke arah gawang atau bisa juga mengoper ke teman di tim kita.


Terjadinya Penalty

tendangan penalty
Penalti ini bisa terjadi dikarenakan adanya pemain yang melakukan pelanggaran di lingkungan area penjaga gawang. Misalnya seperti hands ball, tackle, ataupun pelanggaran lainnya yang di lakukan di area tersebut


Peraturan melakukan celebration dalam permainan sepak bola

selebrasi

1. tidak boleh mengandung unsur politik dalam melakukan selebrasi.
2. melakukan hal yang dapat mengacu provokasi.
3. tidak boleh melakukan selebrasi membuka jersy sampai memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tertutup.
4. melakaukan selebrasi dalam bentuk bahasa tubuh maupun tulisan atau mengandung gambar politik.
5. mengandung rasisisme.


Itulah ulasan tentang materi “Peraturan Permainan Sepak Bola”. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu dan dapat menambah pengetahuan, terima kasih… 🙂


 

Baca Juga Artikel Lainnya :